Saturday, 16 Oct 2021
  • Tetap Patuhi Protokol Kesehatan 5M

Upacara Hari Santri Nasional digelar dengan unik dan meriah di Pondok Pesantren Perguruan Islam Ganra

Senin, 23 Oktober 2017 adalah hari bersejarah di Pondok Pesantren Perguruan Islam Ganra Soppeng karena pertama kalinya dilaksanakan Upacara yang bertepatan dengan Pelaksanaan Upacara Hari Santri Nasional 2017. Upacara kali ini terbilang unik dan berbeda jika dibandingkan Pelaksanaan Upacara Hari-hari Senin sebelumnya. Hari ini seluruh santri dan Pembina harus memakai sarung, sementara santriwati dan Pembina Putri memakai Kostum hitam putih. Bagi santri yang menetap di Pondok, bukan lagi hal aneh dan sudah biasa. Tetapi bagi santri lepas, khususnya bagi santri SD dan MI pastinya hal ini masih dianggap tabu dan tidak biasa apalagi dalam Upacara Formal seperti ini. Begitupun dengan sebagian guru yang tidak mengenal dengan dunia Pesantren selama ini. Tetapi Pimpinan Pontren mencoba untuk menciptakan suasana berbeda apalagi ini adalah momen langka untuk memeriahkan Dan mensosialisasikan Hari Santri Nasional.

Tidak hanya itu, Pelaksana Upacara kali ini juga harus memakai sarung yang bermotif hitam putih sebagai salah satu ciri khas santri di Pondok. Yang paling mengharukan ketika Pelaksana Upacara terkhusus pasukan pengibar bendera sukses melaksanakan tugasnya meskipun harus memakai sarung. Mereka telah membuktikan bahwa sarung bukanlah alasan untuk tidak beraktifitas. Hal ini memiliki makna bahwa santri di Pondok Pesantren bukan orang-orang yang ketinggalan zaman dengan kostumnya. Selain itu, alunan merdu suara kelompok penyanyi di saat melantunkan “Mars Santri Nasional” sangat menggugah hati dan menumbuhkan motivasi para santri untuk terus belajar, berjuang untuk siap menjadi Generasi pelanjut para syuhada yang telah Gugur di Medan Perang untuk mengusir penjajah dari Negara kita demi keamanan, kemerdekaan dan keutuhan bangsa, Negara dan Agama kita.

Upacara Hari Santri Nasional Kali ini dihadiri seluruh santri, guru, pegawai, dan kepala sekolah yang ada di Lingkup Pondok Pesantren Perguruan Islam Ganra dan yang menjadi Pembina Upacara adalah Pimpinan Pondok Pesantren Perguruan Islam Ganra. Pelaksana Upacara adalah seluruh santri mukim yang tergabung dari santri SMP, MTs., MA. Beberapa acara yang berbeda adalah pembacaan Ikrar santri dan menyanyikan Mars Santri Nasional. Seluruh santri terlihat antusias mengikuti Upacara Hari ini dan tersenyum bahagia ketika telah sukses melaksanakan Upacara Hari Santri Nasional tanpa kendala apapun.

Semoga tahun-tahun berikutnya Peringatan Hari Santri nasional bisa lebih meriah dalam rangka mensosialisasikan Hari Santri Nasional…. 

#selamatharisantrinasional2017

Writer: Kasma

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR