Saturday, 16 Oct 2021
  • Tetap Patuhi Protokol Kesehatan 5M

PONTREN PERGIS GANRA MULAI BUDIDAYA TANAMAN

GANRA, (PONTREN PERGIS GANRA) – Tantangan terbesar pondok pesantren saat ini adalah bagaimana membuka diri dan beradaptasi dengan perkembangan zaman namun tidak meninggalkan tradisi khas pondok pesantren. Karena hal tersebut, Pondok Pesantren Perguruan Islam Ganra mencoba untuk membuka diri dengan mengembangkan keterampilan santri-santriwati bukan hanya dalam bidang Dakwah, Hifdzul Quran, maupun bahasa tetapi juga bagaimana mengembangkan jiwa berwira usaha untuk memberikan bekal kemandirian kepada santri-santriwati, kelak ketika mereka sudah lulus.

Untuk menjawab tantangan tersebut salah satu usaha yang dianggap bisa mengembangkan jiwa berwira usaha santri adalah memberikan pengetahuan kepada mereka yang langsung bisa dipraktekkan dan diaplikasikan di dunia nyata. Salah satu kegiatan yang sementara mulai diterapkan di Pondok Pesantren Perguruan Islam Ganra adalah mengajarkan mereka bagaimana menjalankan budidaya tanaman.

Saat ini khusus santriwati (putri), kegiatan tersebut sudah diterapkan sedikit demi sedikit untuk mengisi waktu luang pada sore hari setelah belajar. Mereka dibekali dengan pengetahuan budidaya tanaman, mulai dari menyiapkan dan mengolah lahan, menyiapkan bibit, menanam sampai merawat tanaman yang sudah ada. Saat ini jenis jenis tanaman yang sementara dikembangkan adalah sawi putih, kangkung, ubi kayu, dan daun seledri di atas lahan yang terbilang sempit. Meskipun demikian, lahan tersebut tetap digunakan untuk mempraktekkan pengetahuan yang telah mereka dapatkan. Di bawah bimbingan Ibu Nusha Akib,S.Pd., santri putri sangat antusias dan bersemangat mengikuti instruksi yang disampaikan kepada mereka.

Dengan bekal pengetahuan budidaya tanaman tersebut, para santri diharapkan mampu beriwara usaha dan mandiri, tidak hanya pintar ngaji. Mereka harus bisa membuktikan bahwa santri Pondok Pesantren tidak hanya digembleng untuk mengaji, ceramah, belajar agama tetapi mereka juga ditimpa untuk bisa berkompetisi dengan lulusan sekolah umum, menguasai teknologi dan kelak siap mandiri. (ksm)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR