Tuesday, 12 Oct 2021
  • Tetap Patuhi Protokol Kesehatan 5M

Pondok Pesantren Perguruan Islam Ganra menggelar Pelatihan Baca Kitab Kuning dengan Metode Mumtaz

Untuk memotivasi dan menumbuhkan minat serta daya tarik seluruh santri mempelajari Kitab Kuning, Pondok Pesantren Perguruan Islam Ganra menggelar kegiatan Pelatihan cara Baca Kitab Kuning dengan menggunakan Metode baru dikalangan para peserta yakni Metode MUMTAZ. Metode yang dikenal cepat dan mudah diserap oleh peserta dalam mempelajari kitab kuning. kegiatan ini akan berlangsung secara intensif selama 4 hari, mulai tanggal 15 s/d 18 Januari 2018 yang bertempat di Aula Pondok Pesantren Perguruan Islam Ganra.

Pembelajaran Kitab Kuning atau yang lebih dikenal dengan Kitab Gundul merupakan salah satu ciri khas sebuah Pondok Pesantren. Olehnya itu, Pimpinan Pondok Pesantren Perguruan Islam Ganra sangat menekankan Pembina untuk terus membimbing para santri mempelajari kitab kuning meskipun selama ini kondisi santri sangat sulit membaca dan memahaminya. tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian dari pembina pun juga merasa kesulitan dalam hal tersebut. Salah satu alternatif untuk mengatasi hal tersebut adalah pelaksanaan kegiatan pelatihan ini. Seperti yang dipaparkan oleh Ketua Panitia Pelaksana, Mahyuddin, S.Ag. dalam laporannya bahwa tujuan kegiatan ini adalah

  1. Untuk memperkenalkan sebuah metode baru dalam mempelajari Kitab Kuning yaitu Metode Mumtaz
  2. untuk memudahkan peserta mengetahui cara mudah dan cepat membaca Kitab Kuning
  3. memberikan bekal kepada pembina untuk bisa membimbing santri membaca Kitab Kuning dengan mudah dan cepat,
  4. Memberikan motivasi kepada santri untuk tidak takut dan enggan belajar kitab Kuning.

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Pimpinan Pondok Pesantren Perguruan Islam Ganra, Kiyai Sulaeman Usman, S.Pd.I. (Senin, 15 Januari 2018) ini menghadirkan dua Pemateri Nasional yaitu Dr. Alimin Mesra, M.Ag. dan Dr. Saifuddin Zuhri, S.Ag. yang juga merupakan penemu dan pencipta Metode Mumtaz. Keduanya adalah Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kegiatan ini terlaksana atas inisiatif Alumni Yayasan Perguruan Islam Ganra bekerja sama dengan Pengurus Pondok Pesantren Perguruan Islam Ganra. Adapun Pesertanya adalah Seluruh Santri Pondok Pesantren Perguruan Islam Ganra, para Pembina, dan beberapa Alumni Pondok Pesantren Perguruan Islam Ganra. Seluruh Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini karena terkesan menyenangkan dan tidak membosankan.

Kegiatan ini diharapkan mampu memperkenalkan sekaligus mengaktualisasikan salah satu metode baru kepada seluruh peserta yang dianggap cepat dan mudah dalam mempelajari Kitab Kuning, yaitu Metode Mumtaz. selain itu, kegiatan ini diharapkan pula bisa memotivasi seluruh peserta untuk mempelajari kitab kuning, terkhusus kepada para pembina agar bisa mengaplikasikan Ilmu yang didapatkan dalam membimbing para santri baik dalam kegiatan pembelajaran di kelas maupun dalam pengajian Kitab Kuning yang secara rutin dilaksanakan setiap hari sehingga pembelajaran dan pengajian Kitab Kuning yang terkesan sulit dan membutuhkan waktu lama ini bisa diajarkan dengan mudah dan cepat diserap oleh seluruh santri tentunya dalam waktu yang lebih singkat dengan menggunakan Metode Mumtaz ini. (Ksma)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR