Saturday, 16 Oct 2021
  • Tetap Patuhi Protokol Kesehatan 5M

JELANG USBN BK, MTs. PERGIS GANRA GELAR SIMULASI

Ganra (Pontren Pergis Ganra) – Setelah USBN BK sukses dilaksanakan pada tingkat Madrasah Aliyah Perguruan Islam Ganra Soppeng, kini pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Berbasis Komputer (USBN BK) juga akan diterapkan untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah se Kabupaten Soppeng.

Hal ini berdasarkan hasil keputusan Pertemuan Kepala Seksi Pendidikan dan Madrasah Kementrian Agama Kab. Soppeng, Pengawas Madrasah, Kepala Madrasah Tsanawiyah, dan Proktor UNBK kabupaten Soppeng beberapa hari lalu di Aula Kantor Kementrian Agama Kab. Soppeng. Dalam pertemuan tersebut diputuskan seluruh Madrasah Tsanawiyah yang ada di Kab. Soppeng akan menerapkan USBN BK dengan penanggungjawab Pelaksana adalah Muh. As’ad, S.Ag, Ketua MKKM tingkat MTs Kabupaten Soppeng dan Penganggung Jawab Aplikasi adalah Saudara Andi Hadisaputra, S.Kom, Teknisi UNBK MTs. Pergis Ganra dan Juga telah didaulat menjadi Proktor Kabupaten pada saat itu.

Karena tanggungjawab tersebut, Kepala MTs. Pergis Ganra Muh. As’ad, S.Ag. berinisiatif untuk menggelar simulasi USBN BK selama  dua hari untuk siswa MTs. Pergis Ganra mulai hari ini, Selasa (27/03/18) hingga besok Rabu (28/03/18) dengan menguji cobakan Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk hari pertama dan IPA pada hari kedua di Ruang UNBK MTs. Pergis Ganra. Anggota Subra 28 MTs. Pergis Ganra tidak diikutkan karena kegiatan ini hanya uci coba aplikasi USBN BK yang nantinya jika berhasil akan diterapkan oleh seluruh Madrasah tingkat Tsanawiyah Kab. Soppeng.

Sebagaimana dijelaskan oleh Ketua MKKM tingkat MTs. Kab. Soppeng, Muh. As’ad, S.Ag., Simulasi USBN BK ini bertujuan untuk menjajal kemampuan Aplikasi, mencoba kemampuan siswa menggunakan aplikasi tersebut, dan menjadi acuan untuk dipresentasikan kepada seluruh Kepala Madrasah Tsanawiyah dan Proktor Madrasah Kabupaten Soppeng nantinya. Ia juga berharap semoga pelaksanaan simulasi USBN BK ini berjalan lancar tanpa kendala dan hambatan sedikitpun sehingga segera akan dilaporkan hasilnya kepada Kasi Penmad Kemenag Kab. Soppeng untuk ditindaklanjuti.

Andi Hadisaputra selaku penanggungjawab Aplikasi menjelaskan Aplikasi yang diterapkan dalam simulasi USBN BK ini adalah aplikasi yang sifatnya free sesuai dengan kesepakatan bersama pada saat pertemuan.  Hasil simulasi hari ini akan menjadi tolak ukur akan pelaksanaan USBN BK nantinya untuk tingkat Madrasah Tsanawiyah se-Kabupaten Soppeng. Jika aplikasi ini berhasil dan tidak ditemukan kendala atau hambatan apapun maka aplikasi tersebut yang akan digunakan untuk Pelaksanaan USBN BK nantinya. Ia juga menambahkan hanya butuh waktu sehari untuk mempersiapkan semua hal-hal yang berhubungan dengan pelaksanaan USBN BK hari ini, mulai dari persiapan aplikasi, penginputan soal dan kunci jawaban, serta evaluasi. (ksm)

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR